Bangga Indonesia, Surabaya – Digital Skill : Mengelola Akun Sosial Media
Sobat. Webinar Literasi Digital Nasional kali ini menyapa para talenta digital kota Surabaya, 16 Juni 2021 menghadirkan beberapa narasumber yang berkompeten di bidangnya.
Coach Dr Nasrul Syarif M.Si Wakil Ketua Komnas Pendidikan Jawa Timur mengatakan Ada 4 Pilar kompetensi yang harus dipahami oleh Para Guru, Orang tua dan para siswa agar bisa melek digital atau berliterasi digital : Digital Skill, Digital Culture, Digital Ethic dan Digital safety.
Sobat. Setidaknya ada 5 Prinsip dalam pengelolaan akun social media secara umum:
1. Eksistensi. Anda atau bisnis Anda itu harus eksis dulu di social media. Figur Anda harus riil atau sungguhan bukan akun palsu atau bohongan. Lengkapi profil anda secara jelas. Gunakan foto-foto maupun video-video yang memang benar tentang Anda.
2. Konsisten memposting konten. Anda harus rajin dan konsisten dalam memposting konten-konten yang positif yang berkaitan dengan Anda dan bisnis Anda. Untuk banyaknya jumlah konten yang diposting idealnya adalah setiap hari, tiga kali sehari boleh. Paling tidak Anda memposting satu konten per hari
3. Gunakan Hashtag (#). Hastag adalah suatu sarana untuk pengelompokkan konten di social media. Agar mudah ditemukan dalam pencarian di social media.
4. Rutin mencari Teman yang tertarget. Anda juga harus secara kontinu mencari dan memperlebarkan pertemanan Anda dengan orang-orang yang memang merupakan target market Anda.
5. Jalin Ikatan dan Interaksi yang Berkelanjutan. Sosial media sejatinya adalah tempat bersosialisasi dan bergaul. Maka Anda harus membangun ikatan dan interaksi yang berkelanjutan dengan para pemirsa Anda tersebut. Jadi Anda harus menjadi sebuah akun yang aktif dan responsive.
Sobat. Dengan mengajukan kepada pemirsa, memberi ajakan-ajakan, meminta pendapat atau sharing dari mereka, memberikan games-games, memberikan challenge atau menyelenggarakan kuis-kuis berhadiah. Dengan cara seperti ini Anda akan membangun interaksi dengan para followers.
Sobat. Adapun tipe-tipe konten seperti apakah yang bagus dan memang sebaiknya di posting di social media?
1. KOnten yang bisa memberikan manfaat bagi pemirsa Anda. Contoh; Anda bisa secara ritin memberikan tips-tips atau tutorial yang berkaitan dengan bisnis Anda.
2. POstinglah Aktivitas bisnis Anda sehar-hari. Ada jenis konten yang disukai oleh pemirsa, mudah dibuat, tetapi bisa memiliki pengaruh yang baik di social media. Dan itu adalah aktivitas bisnis Anda sehari-hari.
3. KOnten Motivasi, Cerita-cerita inspiratif maupun cerita humor.
4. Konten cerita nyata atau sharing dari orang lain mengenai produk Anda atau istilahnya adalah testimony.
Sobat. Hal-hal di atas memang layak dan sebaiknya di posting di sosmed Anda yakni Konten-konten yang memang memiliki value dan memiliki manfaat bagi pemirsa Anda bentuknya bisa berupa tulisan, foto, gambar, infografis atau video. Sesekali Anda juga bisa memanfaatkan fitur siaran langsung (live) di platform social media tersebut.
Jadi apabila Anda ingin memiliki banyak followers dan ingin followers Anda itu terus bertumbuh, serta mereka selalu bisa engage dengan Anda maka kuncinya adalah konsistensi Anda dalam pembuatan konten.
( Dr Nasrul Syarif M.Si Penulis Buku Santripreneur. Penggiat Literasi Digital Nasional. Dosen Pascasarjana IAI Tribakti Lirboyo. Wakil Ketua Komnas Pendidikan Jawa Timur )