Di era digital seperti saat ini, Jejaring sosial merupakan kunci utama dalam strategi digital perusahaan. Facebook, Twitter, Instagram, dan blog memungkinkan perusahaan mengekspresikan diri mereka. Selain itu perusahaan dapat menjangkau klien secara langsung dan personal. Oleh karena itu, saat ini banyak perusahaan mempekerjakan Manajer Sosial Media yang berperan dalam penciptaan dan pengelolaan konten di jejaring sosial perusahaan. Sering kali, Manajer Sosial Media bertanggung jawab untuk mengelola beberapa akun dalam waktu dan pada platform yang sama.
Banyak perangkat online yang didedikasikan untuk membantu perusahaan dalam mengelola dan memantau bisnis mereka pada jejaring sosial. Bahkan, banyak jejaring sosial yang memfasilitasi perusahaan dalam pegelolaaan beberapa akun sekaligus. Berbagai perangkat online ini menjawab kebutuhan perusahaan dalam pelaksanaan strategi sosialnya, sekaligus membantu mereka untuk lebih produktif dan menghemat waktu.
Kehadiran dan konsistensi sebuah perusahaan dalam jejaring sosial merupakan bagian dari strategi digital. Tergantung pada tujuan komunikasi atau taktik pemasaran, perusahaan harus memilih saluran media sosial yang paling cocok untuk kebutuhan mereka. Strategi media sosial yang dikerahkan dengan baik dapat mengembangkan ketenaran merek atau bisnis perusahaan; mendatangakan pengunjung ke situs perusahaan; menawarakan produk atau layanan khusus; dan membuka saluran komunikasi serta prospek antara perusahaan dan klien.
Komunikasi digital dapat diterapkan pada berbagai jejaring sosial yang memiliki traffic yang tinggi seperti Facebook dan Twitter, atau di jejaring sosial profesional seperti LinkedIn, dan di jejaring sosial yang didedikasikan khusus untuk gambar dan fotografi seperti Instagram, Pinterest, atau Snapchat.Tips untuk Mengelola Beberapa Akun Jejaring Sosial
Salah satu hambatan utama dalam pengelolaan akun di jejaring sosial adalah waktu. Untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan, setiap platform membutuhkan perhatian yang konsisten, seperti publikasi yang rutin dan interaksi dengan pengguna lain. Salah satu cara untuk memfasilitasi interaksi ini adalah memprogram dan menjadwal publikasi yang akan dilakukan. Hal ini akan memungkinkan Anda untuk mencurahkan lebih banyak waktu kepada audiens atau pengikut Anda.
Selain manajemen waktu yang baik, strategi media sosial yang baik juga memudahkan bisnis Anda dalam melacak keuntungan ROI atau return on investment, mendapatkan angka statistik yang akurat tentang klien, dan dalam merespons pertanyaan pelanggan tentang bisnis Anda.
Selain itu, agar berhasil dalam manajemen media sosial, sesuaikan publikasi Anda untuk setiap jenis klien. Misalnya, buat beberapa akun yang berbeda pada platform media sosial yang sama, ketika Anda memiliki produk dengan target pasar yang berbeda (misalnya akun pertama untuk pakaian perempuan, akun kedua untuk pakaian laki-laki, dan akun ketiga untuk pakaian anak-anak).Perangkat Online untuk Manajemen Akun di Jejaring Sosial
Berikut adalah beberapa perangkat online yang memungkinkan Anda untuk mengelola aktivitas media sosial, secara lebih efektif.
Hootsuite
Hootsuite merupakan salah satu perangkat paling populer untuk mengelola beberapa akun media sosial. Perangkat online ini dapat menampung hingga 5 akun jejaring sosial dalam satu dashboard. Sehingga memungkinkan pengguna untuk melaksanakan dan memantau kampanye mereka pada satu platform unik. Terlebih lagi, perangkat ini dapat dipersonalisasi sesuai kebutuhan pengguna.Buffer
Perangkat ini pada umumnya digunakan untuk mengelola platform seperti Facebook, Twitter, dan LinkedIn. Buffer adalah dashboard online yang memudahkan pengguna untuk menjadwalkan publikasi konten pada jejaring sosial. Tidak seperti Hootsuite, Buffer tidak menawarkan opsi untuk melihat konten orang lain. Namun, perangkat lunak ini menawarkan analisis akurat tentang usaha dan target pengguna, agar sesuai dengan target bisnis.
TweetDeck
TweetDeck adalah sebuah aplikasi online yang memungkinkan penggunanya untuk memvisualisasikan, dan menanggapi aktivitas yang terjadi di beberapa akun Twitter.Manajemen Akun Jejaring SosialMengelola Beberapa Akun Facebook
Untuk mengelola beberapa halaman sekaligus, Facebook mengharuskan pengguna untuk mengaitkan profil mereka dengan halaman atau akun yang bersangkutan. Facebook memberikan berbagai macam hak pengguna seperti administrator, editor, moderator, dan analis.
Beberapa keuntungan yang ditawarkan oleh Facebook adalah opsi untuk mengaktifkan atau menonaktifkan notifikasi pada setiap halaman; menanggapi komentar sebagai "user" atau sebagai "profil halaman"; mengelola publikasi dan interaksi pada setiap halaman; dan membatasi akses pengguna tertentu ke halaman.
Untuk mengalihkan akun Facebook yang satu dengan yang lain, pengguna cukup mengklik menu di sudut kanan atas halaman rumah, lalu klik Use as pada akun yang diinginkan.
Tidak ada batas terkait berapa banyaknya halaman atau akun, yang dapat dikelola oleh seorang pengguna.
Mengelola Beberapa Akun Twitter
Twitter pada komputer atau laptop tidak menawarkan fungsionalitas untuk mengelola beberapa akun sekaligus. Untuk mengakses akun lain, pengguna harus logout dan login kembali.
Untungnya, aplikasi mobile Twitter mungkinkan pengguna untuk beralih dari satu akun ke akun lainnya, dengan menggunakan menu Start Up. Cukup pilih Accounts > Name of account. Menu ini juga memungkinkan pengguna untuk menerima notifikasi untuk setiap akun yang didaftarkan di aplikasi Twitter.
Penting untuk dicatat bahwa pengelolaan beberapa akun Twitter via komputer atau laptop, dapat menggunakan TweetDeck. Lihat paragraf di atas untuk informasi lebih lanjut.
Mengelola Beberapa Akun Instagram
Sejak Februari 2016, Instagram telah menawarkan penggunanya, fungsionalitas untuk mengelola beberapa akun di aplikasi iOS dan Android. Setiap akun yang terdaftar dapat diakses melalui antarmuka utama. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk membedakan notifikasi pada setiap akun.
Hal yang perlu diperhatikan adalah aplikasi ini tidak dapat membedakan antara administrator dan pembuat akun, sehingga setiap pengguna dapat login jika dirinya memiliki informasi akun yang benar. Selain itu, jika administrator ingin mencabut akses seorang pengguna, maka administrator tersebut harus mengubah kata sandi akun.
Seorang pengguna dapat mengelola sampai 5 akun instagram.
Untuk mempelajari lebih lanjut tentang media sosial dan dunia bisnis digital, silahkan baca artikel kami terkait Verifikasi Profil di Jejaring Sosial dan tips kami untuk Berbagi Konten Berharga di Media Sosial (dalam bahasa Inggris).