Cara Mendidik Anak lewat Dialog seperti Sayidina Luqman al-Hakim

Dalam catatan sebelumnya dikemukakan kalau Sayyidina Luqman al- Hakim merupakan wujud bijak yang dikaruni kearifan oleh Allah. Dia amat paham hendak suasana, keahlian, serta kemajuan anak yang dinasihati. Berkah kebijaksanaannya, julukan Sayidina Luqman diabadikan selaku julukan surah Al- Quran sekalian surah yang merekam dialognya, begitu juga yang tersurat dalam bagian 12 hingga 19. Juga sudah dikemukakan apa saja poin- poin ajakan yang di informasikan Sayidina Luqman al- Hakim pada putranya. Buat itu, dari gaya perbincangan serta poin- poin nasihatnya, marilah kita ikuti bersama keteladanan, kelebihan, serta catatan akhlak apa saja yang bisa dipetik oleh para orang berumur serta para pengajar. 

Konsultan pembelajaran serta keluarga asal Mesir, Dokter. Ghadah Hasyad sudah meleraikannya selaku selanjutnya:( Amati: al- Hiwâr ma’ a al- Abnâ’‘ Ilâjli Kulli Da’,[‘ Ashir al- Kutub, Tahun 2021], laman 191- 194). Awal, diamati dari kacamata ilmu ma’ ani, bagian ke- 12 yang jadi pembuka perbincangan Sayidina Luqman al- Hakim serta bersuara,( Ketahuilah) kala Luqman mengatakan pada buah hatinya, dikala ia menasihatinya,“ Aduhai anakku, janganlah menyekutukan Allah! Sebetulnya menggabungkan( Allah) itu betul- betul aniaya yang besar,” membuktikan berartinya seseorang papa bersandar dengan anak buat berikan didikan, ajakan, edukasi, serta memajukan cara- cara perbincangan. Wujud jumlah ismiyyah ataupun perkataan nominal wahuwa betul‘ izhuhu( dikala ia menasihatinya) membuktikan pada ketetapan, kelanggengan, serta situasi yang selalu. 

Kedua, ajakan yang di informasikan Sayyidina Luqman al- Hakim lewat dialognya bertabiat menyeluruh, memajukan rasio prioritas, serta melingkupi seluruh perihal yang diperlukan anak dalam tiap tahap pertumbuhannya. Sebab itu, kita memandang nasihat- nasihat Sayidina Luqman kepada buah hatinya melingkupi pandangan kepercayaan ataupun tauhid, pandangan ibadah, pandangan muamalah, serta pandangan adab. Tidak hanya itu, nasihat- nasihatnya mencermati tingkatan keahlian serta kemajuan anak. 

Penyampaian ajakan diawali dengan permasalahan kepercayaan yang jadi bawah keyakinannya, disusul dengan penanaman nilai- nilai ketakwaan serta rasa khawatir pada Allah pada batin anak. Sehabis itu, kemudian berpindah pada permasalahan shalat, perintah amar maruf, nahi mungkar, serta perintah adem. Terakhir, Fokus ajakan ditunjukan pada pandangan adab, bagus tindakan, perkataan, ataupun aksi laris. Ketiga, tata cara perbincangan yang dipakai Sayidina Luqman al- Hakim terkesan bebas serta memajukan rancangan kesetaraan dan kedekatan antara orang berumur dengan buah hatinya. Terlebih dihidangkan dalam penjelasan- penjelasan yang masuk ide di mata anak, uraian karena, alibi, dan kearifan yang bisa dimengerti anak. 

Dengan sedemikian itu, lebih besar mungkin anak menyambut apa yang di informasikan alangkah juga beratnya berat ajakan. Pada dikala yang serupa, anak pula dilatih meningkatkan angan- angan dan energi pikirnya tanpa merasa dituntut memakan begitu saja serta melaksanakan perintah yang di informasikan.

Contohnya peringatan pekerjaan Iri hati, ditafsirkan Sayidina Luqman al- Hakim selaku aniaya yang besar. Istilah aniaya jelas lebih gampang diakui kejelekannya di mata orang banyak, tercantum di mata anak. Sebab itu, dia gambarkan kesyirikan bukan selaku aniaya lazim, melainkan aniaya yang besar. Sedemikian itu pula dikala mengantarkan,“ Aduhai anakku, tegakkanlah shalat serta suruhlah( orang) melakukan yang maruf serta cegahlah( mereka) dari yang mungkar dan bersabarlah kepada apa yang menimpamu. Disusul dengan alibi, Sesungguhnya yang begitu itu tercantum hal yang( wajib) diprioritaskan. 

Berikutnya, Sayidina Luqman mengantarkan, Janganlah memalingkan wajahmu dari orang( sebab sombong) serta janganlah berjalan di alam ini dengan arogan. Sebabnya merupakan, Sangat Allah tidak menggemari tiap orang yang sombong lagi amat membanggakan diri. Keempat, teguran Sayidina Luqman al- Hakim kepada buah hatinya berbentuk,“ Betul bunayya....”( aduhai anakku...) membuktikan keahlian Sayidina Luqman selaku seseorang pengajar yang bijaksana dalam memilah tutur tutur yang disenangi anak. Ini maksudnya, pengajar wajib terampil membuat anak asuh merasa aman, berkesan, merasa dicintai serta dicermati. Pengajar tidak menasihati anak didiknya melainkan melalui pintu yang disukainya, alhasil pemakaian kata“ Anakku...!”“ Sayangku...!” wajib sebagai pembuka batin dan belas kasih anak yang bakal dinasihati. 

Walhasil, pada disaat menyatakan ajakan, seseorang pembimbing tidak bisa memakai kata- kata agresif, menyinggung, serta menyakiti perasaannya. Kemaslah anjuran sedemikian rupa biar terdengar lemah lembut, menarik kepedulian, sekalian menampakkan apresiasi, kedekatan, serta kesetaraan pada si anak. Kelima, Sayidina Luqman sudah memakai pernyataan yang simpel, permisalan serta alasan yang gampang diolah anak, bukan pernyataan yang lumrah digunakan orang dewasa. Ibarat suara yang besar dengan suara keledai merupakan salah satu ilustrasinya. Sebaliknya suara keledai telah maklum: tidak digemari banyak orang serta amat menggelisahkan. Karenanya, ibarat bisa dijadikan alat serta ilustrasi tidak bagus yang gampang dimengerti anak. Di informasikan Sayidina Luqman,“ Berlakulah alami dalam berjalan serta lembutkanlah suaramu.” Setelah itu diiringi oleh alibi,“ Sebetulnya seburuk- buruk suara yakni suara keledai.”

Keenam, menggembleng lewat metode percakapan serta tanya- jawab, berikan peluang lebih besar pada anak buat membangkitkan atensi serta kecintaannya kepada ilmu pemahaman daripada sekedar diberi balasan cetek serta saklek. Perihal itu sudah dicoba Sayidina Luqman dikala merespon persoalan buah hatinya kala memandang lautan yang lalu melontarkan gelombang,“ Aduhai papa, seandainya suatu butir jatuh pada lautan itu, apakah Allah memahaminya?” Dijawabnya, selaku difirmankan Allah,( Luqman mengatakan,)“ Aduhai anakku, sebetulnya bila terdapat( sesuatu aksi) seberat butir sawi putih serta terletak dalam batu, di langit, ataupun di alam, tentu Allah bakal menghadirkannya( buat diberi jawaban). 

Begitu Allah Mahalembut lagi Mahateliti. Di sini pula terlihat jika Sayidina Luqman al- Hakim menanggapi dengan cara tepat persoalan buah hatinya dengan melaksanakan bulir sawi putih yang ialah butir yang lumayan kecil, namun tidak lepas dari pengetahuan Allah.” Ketujuh, pembelajaran yang dituturkan Sayidina Luqman lewat dialognya didasarkan pada 2 prinsip, ialah prinsip pahala serta hukuman, prinsip semangat serta prinsip peringatan. Penerapan perintah serta pengabaian pantangan, dipahamkan pada anak memiliki akibat ganjaran serta ganjaran, bagus berbentuk balasan, kenikmatan surga, ataupun kesengsaraan neraka. seperti itu pula kekuatan berpedoman kepada nilai- nilai adab serta perintah ibadah, ditafsirkan selaku kepribadian agung yang tidak cuma bawa kebahagiaan di bumi, namun pula di akhirat. 

Di samping itu, orang lanjut usia ataupun pembimbing berarti pula memperkenalkan pilihan pada dikala mengantarkan larangan melakukan suatu. Contohnya, kala Sayidina Luqman al- Hakim mencegah buah hatinya melaksanakan kepribadian tercela, semacam sombong“... dan janganlah berjalan di alam ini dengan sombong,” setelah itu dia membuktikan kepribadian agung,“ Berlagak wajarlah dalam berjalan.” Walhasil, para pengajar juga wajib memberikan pilihan yang bisa diperoleh anak dari tiap larangan yang di informasikan.( Lihat: al- Hiwâr ma’ a al- Abnâ’‘ Ilâjli Kulli Da’, Cetakan‘ Ashir al- Kutub, Tahun 2021, Perihal. 191- 194). Wallahu‘ alam. Ustadz Meter. Tatam Wijaya, alumni PP Raudhatul Hafizhiyyah Sukaraja- Sukabumi, Pengasuh Badan Taklim“ Syubbanul Muttaqin” Sukanagara- Cianjur, Jawa Barat.

Sumber: https:// islam. nu. or. id/ nikah- keluarga atau mendidik- anak- via- dialog- ala- sayidina- luqman- al- hakim- 2- LnlfP 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak